MEMBELIKAN MAINAN ANAK

mainan anak Bermain merupakan cara yang menyenagkan bagi anak untuk belajar tentang apa yang bisa mereka kerjakan dan tentang dunia di sekeliling mereka. Penting bagi anak untuk menikmati berbagai ragam pengalaman bermain.

Permaianan dan mainan anak yang sesuai dengan keterampilan perkembangan anak akan mendorongnya berlatih dan memberikan kesenangan.

Menggunakan mainan anak yang membangkitkan semangat seperti mainan yang bisa ditarik, main bola dan barang-barang yang bisa disusun seperti puzzel, adalah mainan terbaik untuk perkembangan pada tahap tersebut.

Rosululloh shalallahu ‘alaihi wassalam mengakui betapa pentingnya mainan anak. Sebagaimana beliau mendiamkan Aisyah radiallohuanha bermain boneka. Begitu juga Rasululloh shalallahu ‘alaihi wassalam pernah mencandai seorang anak kecil, Abu Umair yang sedang bermain-main dengan burung kecilnya.

Siapakah yang memberikan mainan untuk anak-anak itu tentunya orang tuanya. Mainan itu diberikan kepada anak sesuai dengan usia mereka. Mainan bayi 3 bulan berbeda dengan mainan anak untuk 1 tahun, mainan anak perempuan harus dibedakan dengan mainan anak laki-laki. Hal itu agar dapat merangsang kecerdasan dan pengindraan mereka. Sehingga tumbuh sehat dan cerdas berangsur-angsur secara lahir dan batin. Untuk mengetahui cocok dan tidaknya suatu permainan, maka hal berikut ini harus diperhatikan:

·        Mainan itu harus membangkitkan aktivitas fisik yang baik dan berguna untuk anak

·        Mainan edukatif, dengan mainan ini anak akan banyak belajar dari mainan tersebut

·        Mainan itu dapat meningkatkan daya kreatifitas anak

·        Mainan itu mampu mendorong anak untuk dapat meniru kebaikan perilaku dan pola pikir orang tua

Ketika anak bermain otot-ototnya di latih sehingga perasaan anak menjadi lebih segar. Selain itu, perkembangan jiwanya akan lebih baik. Dengan bermain anak akan memiliki kesibukan sehingga tidak ada waktu untuk menjalani kenakalan. Saat memberikan mainan pada bayi dan anak, orang tua harus mencarikan mainan yang tepat dan sesuai dengan umurnya. Wawlohu a’lam

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *