Mengajarkan anak adab makan dan minum

adab makanPada saat makan anak akan memperlihatkan watak aslinya, karena itu kadang anak berprilaku buruk dan merusak tatakrama. Jika ayah/bunda tidak duduk disamping anak secara terus menerus saat mereka makan dan meluruskan kesalahan-kesalahan mereka maka si anak akan tetap membawa kebiasaan kebiasaan buruk ketika dewasa nanti, maka diperlukan kehadiran orang tua pada saat anak-anak makan sekaligus memberikan pengajaran pentingnya belajar adab makan dan minum.

 

Hal lain jika orang tua tidak pernah menemani anak saat makan ia akan kehilangan kesempatan untuk memberikan pengajaran tentang adab makan kepada anaknya. Rasululloh shalallohualaihiwassalam makan bersama anak-anak, dengan begitu secara langsung mereka merekam bagaimana cara makan Rasululloh shalallohu alaihi wassalam. Jika menyaksikan sejumlah kesalahan maka beliau meluruskannya dengan cara yang simpatik yang dapat berpengaruh terhadap jiwa dan akal mereka. Dalam sebuah Hadits tentang makan  Imam Bukhori meriwayatkan dari umar bin Abi salamah –semoga Alloh meridhoinya ia mengatakan, “Dulu aku adalah anak kecil yang biasa berada dikamar Rosululloh shalallohualaihiwassalam. Ketika tanganku mau menyuapkan makanan, beliau bersabda, Nak sebutlah nama Alloh, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah apa yang dekat denganmu’.

Dalam hadits yang lain Rasululloh shalallohualaihiwassalam bersabda “ mendekatlah wahai anak-ku, sebutlah nama Alloh, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah apa yang dekat denganmu”. Dalam riwayat ini Rasululloh shalallohualaihiwassalam mengundang anak makan bersamanya. “mendekatlah” kemudian beliau mengarahkannya pada cara dan adab makan.

Dari uraian diatas ada beberapa adab makan yang harus diperhatikan baik oleh anak-anak ataupun orang dewasa

  • Tidak mengambil makanan kecuali dengan tangan kanan dan membaca doa sebelum makan dengan mengucapkan basmalah
  • Mengambil makanan yang terdekat dengannya
  • Tidak bersegera mengambil makanan sebelum yang lain
  • Tidak terburu-buru ketika makan
  • Mengunyah makanan dengan baik
  • Menerima makanan apa adanya dan tidak mencelanya
  • Membaca doa sesudah makan dan minum

Demikianlah adab makan dalam islam semoga ayah/bunda dan kita semua dapat menjaga anak-anak kita sesuai dengan tuntunan yang sudah dicontohkan oleh rasululloh shallallohualaihiwassalam dalam etika makan.wawlohua’lam

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *